5 Elemen Press Release yang Tidak Boleh Ketinggalan

elemen press rilis

Press rilis dibuat untuk keperluan tertentu misalnya memberikan informasi dari perusahaan ke public agar public lebih aware. Misalnya mengenai produk baru, teknologi terbaru untuk membantu bagaimana cara melakukan riset keyword dengan mudah.

Dalam pembuatan press release, ada 5 elemen yang harus diperhatikan. Tujuannya adalah agar press rilis tersebut lebih mengena dan menarik. 5 elemen tersebut, yaitu:

  • Gambar Beresolusi Tinggi

Sering diabaikan namun gambar dengan resolusi tinggi akan membantu membuat press rilis yang menarik. Foto yang dipergunakan sebaiknya adalah foto beresolusi tinggi atau setidaknya gambar tersebut tidak mengurangi kecepatan loading website. Dengan adanya foto tersebut, maka orang yang membacanya juga akan tertarik dan yakin jika berita tersebut memang benar adanya.

Selain itu, foto tersebut juga akan berperan jika artikel dimuat secara online. Foto yang dilampirkan tersebut bisa mengenai produk, perusahaan atau konferensi pers yang berkaitan dengan konten Anda. jika dimuat di Koran atau majalah, Anda bisa menggunakan foto dengan gambar yang jelas.

foto konferensi pers
foto konferensi pers
  • Quote Menarik

Selain gambar, kutipan atau quote adalah elemen yang tidak boleh dilewatkan. Quote yang Anda tulis sebaiknya berasal dari orang yang berpengaruh atau berkaitan dengan konten press rilis. Misalnya pernyataan dari CEO yang memperkenalkan produk baru tersebut.

Quote yang dimasukkan hanya 1-2 kutipan saja dan pilih yang paling berpengaruh atau yang paling mewakili konten yang disampaikan lewat press release tersebut. Terlalu banyak kutipan justru akan membuat press rilis menjadi rancu dan tidak fokus hingga membingungkan.

  • Angka dan Data

Media sangat menyukai dengan fakta. Jadi, dalam press rilis Anda, sebisa mungkin menyertakan data, fakta dan angka. Misalnya, 7 dari 10 orang, memiliki kulit kombinasi karena salah produk perawatan wajah. Namun, ANda harus menggunakan angka dan data yang lebih powerfull. Misalnya prosentase keuntungan di trimester pertama 2020. Dengan begitu, press rilis akan lebih dilirik oleh media dan kemudian ditayangkan.

  • Profil Perusahaan

Dalam press rilis, Anda perlu untuk mencantumkan profil perusahaan. ini karena Anda harus menganggap jika orang yang membaca berita tersebut adalah orang baru. Sehingga, dengan adanya profil perusahaan tersebut, aka nada banyak orang baru yang lebih tahu mengenai perusahaan Anda.

  • Informasi Kontak

Selain profil perusahaan harus lengkap, Anda juga harus mencantumkan informasi kontak yang lebih jelas dan lengkap. Tujuannya adalah untuk relasi public dalam jangka panjang. Cantumkan juga kontak yang dapat dihubungi kapan saja. Tanpa adanya kontak, akan membuat media kesulitan untuk menghubungi Anda untuk kepentingan press rilis ataupun untuk kepentingan yang lain.

Jadi, dengan adanya 5 elemen tersebut, press release yang Anda buat akan lebih terpercaya dan dianggap lebih professional. Dengan begitu, kemungkinan press rilis ditayangkan juga akan semakin besar.  

Close