Alasan Kenapa Harus Datang ke Klinik Program Hamil

Memang benar ada beberapa opsi program kehamilan yang bisa dipilih seperti dokter kandungan, bidan, atau dari klinik kehamilan langsung. Tapi kenapa harus memilih klinik program hamil?

Ada banyak alasan kenapa ibu hamil harus mengikuti program hamil yang direncanakan klinik dibanding lainnya, yang utama yaitu terkait fleksibilitas. Bagaimanapun, kondisi psikis ibu hamil cukup labil, dan fleksibilitas yang diberikan klinik bisa sedikit meredakan beban psikis.

Inilah alasan kenapa harus mengambil program hamil dari klinik.

  1. Konfirmasi Kehamilan 

Tes kehamilan urin yang menunjukkan positif adalah apa yang dibutuhkan untuk mengkonfirmasi kehamilan. Tapi tes urin sangat sensitif dan hasilnya bisa berubah positif bahkan satu atau dua hari sebelum periode menstruasi terlewatkan. 

Di klinik kehamilan, dokter mungkin menyarankan untuk melakukan tes darah jika ada ketidakpastian. Alih-alih menggunakan tes kehamilan yang hasilnya tidak pasti.

  1. Hitung Hari Perkiraan Lahir (HPL) 

Perhitungan umum HPL yaitu dengan menghitung 40 minggu dari hari pertama haid terakhir. Kehamilan idealnya berlangsung selama 38 minggu, tapi ini bukan jaminan bahwa bayi akan lahir tepat setelah 38 minggu. 

Mengapa? Karena pembuahan biasanya terjadi sekitar dua minggu setelah menstruasi terakhir dimulai. Kebanyakan wanita menyadari kehamilan setelah melewatkan periode menstruasi berikutnya, yang berarti pembuahan terjadi dua minggu sebelumnya. 

  1. Perubahan Gaya Hidup 

Makan makanan yang kaya protein, tinggi serat, minum banyak air dan banyak istirahat merupakan asupan yang diperlukan untuk mendukung kehamilan. Tapi bagaimana komposisi yang diperlukan akan berbeda di antara ibu hamil, dan informasi ini hanya bisa didapat dari klinik program hamil.

Semisal mengalami kekurangan atau kelebihan berat badan, ahli gizi akan merencanakan diet terbaik untuk mendukung kehamilan. Ini termasuk merencanakan jenis olahraga apa yang harus dilakukan dan seberapa banyak porsi olahraga yang harus diambil.

  1. Mengatasi Masalah Kesehatan

Vaksinasi tertentu dianggap sebagai ide yang baik selama kehamilan untuk melindungi ibu dan bayi. Ini termasuk vaksinasi terhadap flu setelah trimester pertama. Sebagai gambaran, batuk bisa menjadi penyakit serius bagi bayi baru lahir tapi ini dapat dicegah dengan vaksinasi selama kehamilan. 

Kehamilan yang direncanakan akan didahului dengan skrining untuk kekebalan seperti rubella, hepatitis, HIV dan sifilis, dan kadar zat besi. Tes ini akan memeriksa kekebalan terhadap penyakit tertentu yang berbahaya bagi janin, termasuk suplemen apa yang harus dikonsumsi. Misalnya asam folat penting untuk beberapa minggu pertama perkembangan, ketika tulang belakang bayi terbentuk. 

  1. Pendidikan Kehamilan 

Klinik akan memberi tahu apa yang dapat diharapkan selama kehamilan, baik untuk ibu dan bayi. Ini termasuk meneliti nama-nama bayi, memilih kebutuhan bayi termasuk pakaian bayi, selimut, popok, tisu bayi, dan krim pantat. 

Pendidikan kehamilan juga termasuk bagaimana menenangkan bayi dan menidurkan bayi, juga bagaimana memilih tempat tidur di mana bayi akan tidur, dan mungkin kereta dorong bayi. 

  1. Merencanakan Keuangan

Ada banyak rencana dalam kehamilan, dan rencana keuangan harus menjadi pembahasan. Masalah utama termasuk biaya pengobatan. Bahkan jika memiliki akses bantuan pemerintah, pastikan mengetahui manfaat yang ditawarkan. 

Jika ada prosedur yang mungkin tidak tercakup, waspadalah karena kehamilan bisa menjadi rumit karena mungkin saja butuh rawat inap jangka panjang dan bahkan perawatan intensif. 

Jadi, sebaiknya mulailah menabung untuk biaya tak terduga. Semakin awal memulai menabung, semakin banyak dana cadangan yang dimiliki untuk kebutuhan ibu dan bayi kelak. Klinik kehamilan yang punya pengalaman tinggi tak akan sungkan membantu merencanakan keuangan bagi ibu hamil.

Saat di klinik kehamilan, janji temu pertama biasanya dijadwalkan sekitar minggu ke enam saat detak jantung mulai terlihat, atau bisa juga dua minggu setelah periode menstruasi terlewat untuk deteksi dini kondisi bayi.

Penjelasan lebih lengkap terkait rencana kehamilan bisa ditemukan di klinik program hamil di sini!

Close