Apa itu Mesin Potong Kertas

Salah satu alat yang umum ditemukan di usaha fotokopi ataupun usaha percetakan adalah mesin potong kertas. Tanpa kehadiran mesin ini, upaya untuk memotong kertas tentunya akan terhambat. Lalu, apa sebenarnya mesin potong kertas itu, dan apa saja fungsi/kegunaannya dalam dunia usaha?

Pengertian dan Fungsi Mesin Potong Kertas

Sesuai dengan namanya, mesin pemotong kertas adalah mesin/alat yang dipergunakan untuk memotong kertas menjadi beberapa bagian dalam ukuran yang dikehendaki dengan rapi dan cepat. Mesin ini umumnya dipergunakan oleh para pelaku usaha fotokopi dan percetakan. Namun, belakangan ini, mesin tersebut  juga banyak dipergunakan oleh perusahaan, instansi, dan organisasi.  Hal ini tidak mengherankan mengingat instansi dan organisasi banyak berurusan dengan kertas dan membutuhkan suatu alat untuk memotong dan merapikannya sesuai dengan kebutuhan.

Secara lebih spesifik, fungsi mesin pemotong kertas adalah:

  • Memotong kertas sesuai dengan ukuran yang dikehendaki
  • Merapikan bagian pinggir kertas agar lebih rapi
  • Selain memotong, mesin pemotong kertas juga dapat membantu memadatkan kertas yang akan dijilid, sehingga hasilnya lebih rapi, padat, dan kuat.

Jenis-jenis Mesin Potong Kertas

Jenis-jenis mesin pemotong kertas dapat dibedakan berdasarkan sistem pemotongan dan cara pengoperasian. Berdasarkan sistem pemotongan, mesin ini dibagi menjadi 2 yaitu:

  • Guillotine. Mesin ini menggunakan sistem pisau yang ditekan ke bawah untuk memotong kertas
  • Rotary trimmer. Mesin ini menggunakan sistem pisau bulat yang digeser ke sepanjang kertas.

Dari segi pengoperasian, mesin ini juga terbagi menjadi 2 macam yaitu:

  • Manual 

Mesin ini merupakan jenis mesin yang paling umum ditemukan di usaha fotokopi kecil ataupun organisasi dan perusahaan. Harganya jauh lebih ekonomis dan mudah didapatkan. Sesuai dengan namanya, mesin ini dioperasikan secara manual atau dengan tenaga manusia. Cara penggunaanya cukup mudah, cukup susun kertas dengan rapi dan masukkan ke dalam area pemotong. Mesin ini sudah dilengkapi dengan alat penjepit sehingga kertas yang akan dipotong tetap rapi dan tidak berantakan.

  • Otomatis

Mesin ini umumnya dipergunakan di usaha percetakan berskala menengah ke atas. Mesin ini dioperasikan secara otomatis, serta dilengkapi dengan safety control dan keyboard control untuk meminimalisir kesalahan dalam pemotongan. Harga mesin ini terbilang lebih mahal dibandingkan mesin pemotong kertas manual, namun memiliki kelebihan tersendiri berupa kemampuan untuk memotong kertas dalam jumlah yang lebih banyak dalam sekali potong.

Dimana Anda bisa mendapatkan semua jenis mesin potong kertas tersebut? Tidak lain dan tidak bukan di Maxipro. Distributor dan penyedia mesin percetakan yang satu ini menyediakan ragam jenis mesin pemotong kertas Maxipro yang sesuai dengan setiap kebutuhan. Ragu dengan jenis mesin yang tepat? Konsultasikan terlebih dahulu dengan tim Maxipro yang sudah berpengalaman untuk membuat keputusan terbaik bagi Anda. 

Close