Bagaimana Cara Melakukan Riset Keyword?

keyword

Ketika Anda menulis konten berupa artikel untuk situs yang Anda miliki dari jasa pembuatan website sesuai yang Anda pesan, Anda memerlukan keyword. Ini karena keyword tersebut akan digunakan oleh pengguna internet untuk dimasukkan ke kolom pencarian. Dari keyword yang dimasukkan tersebut, mesin pencari akan mencari tahu website dengan konten yang sesuai dengan keyword tersebut.

Namun, bagaimana cara untuk melakukan riset keyword yang tepat? Untuk melakukannya, Anda harus memperhatikan 4 elemen ini terlebih dahulu.

  • Search Volume

Komponen ini menyangkut mengenai seberapa banyak kata kunci yang dicari di mesin pencari google di waktu tertentu. Umumnya, keyword tool ajan menampilkan pencarian keyword dalam kurun waktu 1 bulan terakhir. Jadi, misalnya search volume keyword sebesar 120.000, maka keyword tersebut dicari sebanyak 120.000 kali dalam 1 bulan.

  • Keyword Difficulty

Komponen ini berkaitan dengan tingkat kesulitan dari keyword untuk berada di halaman pertama dari hasil pencarian. Keyword tool biasanya menggunakan skala 0-100. Semakin besar angkanya, maka kata kunci tersebut akan semakin susah berada di posisi 1 hasil pencarian. Dengan kata lain, semakin tinggi tingkat kesulitan kata kunci maka akan semakin banyak pula backlink yang dibutuhkan.

  • Keyword Suggestion

Komponen yang berkaitan dengan saran kata kunci yang berkaitan dengan yang Anda cari. Jika Anda menggunakan keyword tool, biasanya Anda akan diberikan saran untuk long tail keyword.

  • SERP

Search engine result page atau SERP merupakan komponen yang fungsinya untuk melihat seperti apa kualitas dari halaman yang dapat menduduki halaman pertama dari pencarian Google.

Tools Riset Keyword

Untuk meriset keyword, Anda harus tahu lebih dahulu akan ‘menembak’ keyword yang mana. Untuk tahu kuat tidaknya keyword tersebut Anda bisa menggunakan tools berikut ini:

cara melakukan riset keyword
cara melakukan riset keyword
  • Ubersuggest

Anda bisa menggunakan tool ini dengan mudah dan tidak perlu membayar. Namun, Anda tetap hanya bisa menggunakannya dalam 1 hari selama beberapa kali saja. Dengan tools ini, Anda bisa mengetahui 3 komponen keyword (kecuali SERP) dari keyword yang Anda masukkan.

  • Google Trends

Google menyediakan tools untuk mencari keyword yang tepat dengan Google Trends. Layanan ini dapat Anda pergunakan secara gratis. Dengan tools ini, Anda bisa mengatur wilayah berdasarkan pada negara yang Anda targetkan.

Setelah Anda memasukkan keyword yang Anda inginkan, Anda akan memperoleh grafik pergerakan dari kata kunci tersebut untuk waktu 1 jam terakhir hingga 5 tahun terakhir. Jadi, Anda tahu naik turunnya keyword tersebut secara real time.

Itulah sekilas mengenai cara melakukan riset keywords. Selain menggunakan 2 tools tersebut, Anda bisa menggunakan tools lain yang berbayar misalnya SEMrush.

 

Close