Bagaimana Cara Membuat Kemasan Dari Karton? Simak Pembahasannya

Cara Membuat Kemasan Dari Karton

Di jaman dulu kemasan karton sangat populer dan banyak yang menggunakan, tapi sekarang orang-orang lebih menyukai dengan kemasan yang berbahan plastik hingga aluminium foil. Meskipun begitu, kemasan karton dari dulu hingga saat ini masih digunakan sebagai kemasan yang dapat dicari dengan mudah. Salah satu alasan yang membuat banyak orang memakai kemasan yang terbuat dari karton adalah harganya cukup murah dan penggunaannya sangatlah luas. Maka dari itu, sebagian orang lebih menyukai dengan kemasan yang seperti ini.

Kemasan yang berbahan karton ini tidak cocok untuk digunakan pada produk yang berbahan pangan. Hal ini dikarenakan, kemasan karton lebih mudah untuk lembab, karena kemasan yang terbuat dari karton ini sensitif dengan adanya air dan lain sebagainya. Meskipun demikian, anda bisa mendapatkan kemasan karton dengan cara yang mudah. Pasalnya, cara membuat kemasan dari karton tidak sesulit yang dipikirkan oleh anda.

Kemudahan dalam membuat kemasan dari karton ini sama dengan anda ingin melakukan cara promote instagram. Jika anda ingin melihat tentang bagaimana cara-caranya, maka anda bisa simak pembahasan yang sudah ada dibawah ini.

  1. Cara membuat kemasan dari karton adalah anda dapat menyiapkan bahan-bahannya dulu sebelum anda memulai cara pembuatannya. Ada beberapa bahan yang harus disiapkan oleh anda seperti gunting, karton, tali, pembolong kertas, kertas kado dan double taped.
  2. Jika anda sudah melakukan beberapa hal yang ada diatas, maka selanjutnya anda dapat menggunting kertas kadonya. Usahakan ukurannya harus sesuai dengan paper bag yang dimiliki oleh anda. Untuk ukurannya anda dapat membuat kisaran 2x serta tingginya mencapai 1.5x.
  3. Apabila anda telah melakukan beberapa cara yang ada diatas, maka selanjutnya anda beri double taped di salah satu bagian yang ada disebelah kertas kado yang sudah dipotong oleh anda tadi.
  4. Sebagai cara yang selanjutnya anda bisa kaitkan pada bagian samping yang satunya. Dalam hal ini, anda dapat menempelkan double taped yang tadi. Sebagai tambahannya, pastikan anda menempelkannya dengan cara yang terlihat rata, baik dan benar. Hal ini bertujuan agar hasil nantinya akan terlihat lebih baik dan rapih.
  5. Cara membuat kemasan dari karton yang berikutnya adalah anda dapat lipat bawahnya kurang lebih kisaran 1.5x. Ukuran ketebalannya bisa disesuaikan dengan barang ataupun produk yang akan dibungkus. Lalu, anda dapat melakukan lipatan kembali pada kedua ujung yang ada. Lipatlah hingga bentuknya seperti segitiga. Jika anda melakukan hal ini, dimana ini akan membuat atas dan bawahnya dapat berbentuk sisi hingga terlihatnya rapih.
  6. Apabila bagian bawahnya sudah ditempel dengan rapih, maka anda bisa melipat atasnya. Lakukanlah cara yang sebelumnya untuk melipat atasnya.
  7. Lalu anda dapat menggunting dua ujungnya agar sesuai dengan lipatannya.
  8. Dan kemudian anda bisa menambahkan karton dua potong dibagian tersebut, lalu lipatlah lagi. Karton tersebut akan membuat bagian atasnya lebih kuat.
  9. Jika karton tersebut telah ditempel dengan baik dan benar, selanjutnya anda membuat lubang dengan cara anda menggunakan pembolong kertas. Buatlah lubangnya dengan sejajar atau sama ukurannya dari empat lubang.
  10. Selanjutnya, anda bisa memasukkan tali yang ada, usahkan talinya yang kecil agar bisa menarik hasilnya.
  11. Jika anda sudah melakukannya, selanjutna anda dapat mengikat tali tersebut. Ikatlah hingga talinya tidak terlepas lagi.
Close