Belajar Edit Video dengan Adobe Premiere

adobe premiere

Banyak platform untuk edit video online, akan tetap ada kepuasan tersendiri untuk bisa mengedit video sendiri, misalnya dengan adobe premiere. Adobe premiere merupakan salah satu software dari ‘keluarga besar’ Adobe yang dapat dipergunakan untuk mengedit video. Untuk menggunakan software ini, sebenarnya cukup mudah. Namun Anda tetap harus bereksperimen agar mendapatkan video dengan efek yang keren dan sesuai dengan keinginan Anda.

Sebelum Anda mengedit, Anda harus tahu lebih dahulu bagian dari adobe premiere. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan untuk mengedit video ataupun audio. Seiring dengan perkembangan Adobe Premiere, saat ini jenis adobe yang sering digunakan adalah Adobe Premiere Pro CC. Pada dasarnya, antara adobe Premiere dengan Adobe Premiere Pro CC adalah sama saja. Bedanya hanya di fitur yang bisa dipergunakan untuk mengedit.

Adobe Pro CC memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan adobe premiere biasa. Karena hal tersebut, Anda bisa bereksplorasi lebih lengkap dan leluasa menggunakan Adobe Premiere Pro CC.

adobe premiere

Cara Mengedit Video

Sebelum mengedit, ada baiknya siapkan dahulu filenya dalam 1 folder. Baik untuk jenis file video ataupun file audio sebagai backsound. Tujuannya adalah agar Anda lebih mudah untuk mengimpornya tanpa membuang banyak waktu dalam memilih file. Jika perlu, namai file dengan nomor atau adegannya agar Anda lebih mudah untuk memilih file yang akan diedit.

Setelah itu, lakukan tahapan berikut ini:

  1. Buka Adobe Premiere yang Anda miliki. Lalu pilih New Project untuk memulai project baru. Jangan lupa tuliskan namanya, lokasi penyimpanan dan setting lain
  2. Buat sequence atau CTRL + N. lalu pilih resolusinya. Misalnya NTSC, PAL, HDV atau yang lainnya. Tentukan juga nama sequencenya.
  3. Jika sudah masuk ke bagian windows adobe premiere, maka Anda Bisa mengimport file yang dibutuhkan dengan klik file pada menu lalu pilih import. Bisa juga dengan CTRL +I agar lebih cepat. Nantinya, file Anda akan tersimpan di bagian project.
  4. Untuk mengeditnya, maka Anda harus melakukan drag and drop ke bagian timeline adobe Premiere.
  5. Setelah itu lakukan editing. Biasanya memotong video dengan menggunakan trim tool. Atau bisa juga dengan mengarahkan kursor ke ujung video hingga ada tanda ]. Lalu Anda tinggal melakukan drag sesuai dengan kebutuhan Anda. misalnya sampai ke detik keberapa.
  6. Agar Anda tidak bingung, ada baiknya jika tahu lebih dahulu tools di Premiere dan cara menggunakannya.
  7. Susun video sesuai dengan keinginan Anda. jika sudah selesai dan fix, Anda bisa menambahkan audio. Jika audio terlalu panjang, Anda bisa memotong sesuai dengan kebutuhan Anda.
  8. Untuk menambahkan effect bisa menggunakan Shift + 7 dan Anda bisa memilih jenis efek dari kolom effect tersebut. Untuk menambahkannya, hanya perlu drag and down saja.
  9. Jika semua sudah selesai, Anda bisa mengekspor nya. Caranya adalah masuk file > export > media > export setting > format > di bagian format, pilih format yang diinginkan. Lalu pilih kualitas video.
  10. Beri nama dan pilih export. Tunggu hingga selesai.

Selamat mencoba dan jangan lupa untuk tetap berlatih.

Close