Cara Kerja dan Cara Menggunakan Electric Hoist Dengan Benar

Electric hoist sering digunakan pada monorail crane, moving girder crane, dan jib crane karena memiliki struktur yang sederhana, pembuatan dan perawatanya mudah, mudah diganti dan pengoperasiannya sederhana. Inilah alasan kenapa alat ini banyak diaplikasikan di pabrik-pabrik.

Mengenal Electric Hoist Lebih dekat

Sumber : megajaya.co.id

Hoist listrik bisa dikatakan sebagai alat yang biasanya diaplikasikan untuk menurunkan dan mengangkat benda pada bidang vertikal. Hoist bisa dipasang pada perangkat keras yang juga memungkinkannya untuk bergerak dengan cara horizontal. Karenanya dapat memperluas penggunaan alat ini secara signifikan. Saat Anda membeli hoist, penting sekali untuk memilih produk sesuai kapasitas dan kebutuhan dengan tepat untuk memastikan penggunaannya tidak gagal.

Cara Kerja Electric Hoist

Hoist sendiri sebenarnya sudah digunakan oleh manusia selama ribuan tahun sebagai alat pemindah beban yang tidak dapat digerakkan oleh manusia sendiri. Awalnya hoist dioperasikan menggunakan tangan dengan sistem katrol dan balok. Seiring perkembangan mesin, memungkinkan inovasi hoist yang memanfaatkan tenaga motor, sehingga dapat meningkatkan kemampuan secara signifikan. Hoist electric sendiri memanfaatkan motor listrik untuk beroperasi.

Hoist jenis ini bisa dihubungkan langsung pada sistem kelistrikan, dihubungkan pada kabel listrik atau dijalankan menggunakan generator listrik. Kekuatan hoist electric bervariasi, menyesuaikan desainnya. Kait pada hoist dipasang pada barang-barang yang akan diangkat menggunakan hoist. Tali atau rantai dapat digunakan, dengan kerekan yang memiliki rating lebih tinggi lebih mungkin untuk diangkat menggunakan rantai karena bisa lebih kokoh.

Untuk hoist electric dasar hanya akan beroperasi dengan cara vertikal. Memasangnya ke palang atau crossbeam memungkinkan operator untuk memindahkannya pada ruang horizontal, seperti yang terlihat pada penggunaan di gudang dan dermaga. Beberapa hoist electric dirancang untuk beroperasi dalam bidang apapun dan bisa melakukan tugas seperti menarik benda yang melintasi lantai. Perangkat ini lebih fleksibel dan lebih cocok untuk berbagai lingkungan kerja.

Mengoperasikan Hoist Electric

Pengoperasian hoist electric dapat dilakukan menggunakan remote switch atau saklar jarak jauh. Sakelar ini bisa digunakan untuk menurunkan, menaikkan serta melepaskan hoist. Operator hoist harus benar-benar sadar dengan lingkungan sekitar mereka agar dapat mengidentifikasi potensi resiko sekaligus mencegah kecelakaan. Penting juga untuk memastikan agar muatan tetap aman dengan benar sebelum diangkat untuk mengurangi resiko cedera dan kerusakan properti.

Berikut cara menggunakan hoist electric dengan benar :

1. Cek Tegangan

Periksa hoist Anda untuk memastikan tegangan motor sesuai dengan tegangan power supply yang tersedia. Hubungkan hoist ke power supply jika Anda sudah memastikannya. Tegangan harus sebanding dengan kecepatan hoist.

2. Cek Pelumasan

Pastikan Anda sudah memeriksa pelumasan. Dalam proses ini, Anda harus memastikan bahwa gearbox diisi hingga menyesuaikan tanda kadar oli atau gemuk yang disarankan pada gearbox.

3. Uji tombol tekan

Periksa saklar kontrol Anda sebelum hoist electric membawa beban. Uji tombol emergency stop dengan cara menekannya, dan pastikan wire  rope hoist berhenti bergerak.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat Anda menggunakan hoist electric dengan benar.

Beli Electric Hoist di Megajaya.co.id

Apakah Anda sedang mencari electric wire rope hoist yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Atau Anda kesulitan memilih produk hoist yang tepat? Jika ya, konsultasikan dan dapatkan produk hoist berkualitas di Megajaya.co.id. Kami juga menyediakan berbagai macam artikel terkait industri lifting dan produk-produknya. Silahkan pelajari selengkapnya disini!

Close