Ini Jenis – jenis Artikel Berdasarkan Tujuan Penulisannya

Ini Jenis - jenis Artikel Berdasarkan Tujuan Penulisannya

Jenis – jenis artikel ternyata ada banyak sekali macamnya. Ragam artikel ini salah satunya dibedakan berdasarkan tujuan penulisannya.

Secara garis besar, definisi artikel adalah suatu karya tulis yang dibuat secara lengkap. Namun jika dijabarkan lebih lanjut, artikel merupakan karangan bebas yang ditulis dengan panjang tertentu untuk dipublikasikan di media massa.

Namun ternyata, meski tidak dimuat pada media massa, tulisan yang dibuat secara sistematis dan lengkap juga bisa disebut sebagai artikel. Termasuk yang dibuat untuk tugas sekolah maupun keperluan lainnya.

Pembagian jenis artikel ini adalah pada tujuan penulisannya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ragam jenis artikel yang perlu Anda ketahui.

Jenis – jenis Artikel Berdasarkan Tujuan Penulisannya

Ada lima macam artikel ditulis berdasarkan tujuan penulisannya. Antara lain adalah deskripsi, narasi, eksposisi, persuasif, dan argumentasi, berikut ini penjelasan lengkapnya.

  1. Deskripsi

Deskripsi adalah karya tulisan dibuat berdasarkan pengamatan pada suatu obyek. Jasa Penulis artikel seo, deskripsi biasanya memberikan gambaran suatu obyek dari sudut pandang umum ke sudut pandang khusus atau penulisan deduktif.

Tulisan deskripsi bertujuan untuk memberikan gambaran imajinatif kepada pembacanya agar memahami detail obyek yang dijelaskan.

Misalnya, untuk mendeskripsikan sebuah kendaraan bus, Anda bisa menjelaskan secara umum kondisi bus dimaksud, kemudian merinci apa – apa yang ada di dalam bus tersebut, seperti jumlah kursi, detail kaca, warna jok, dan wangi pengharum ruangannya.

  1. Narasi

Jenis – jenis artikel selanjutnya adalah narasi. Narasi merupakan karya tulisan untuk menyampaikan bentuk rangkaian peristiwa yang terjadi dalam suatu kesatuan waktu.

Jika deskripsi menekankan pada penggambaran obyek berdasarkan pengamatan indra, narasi lebih menekankan pada kejelasan kronologis atau urutan – urutan kejadiannya.

Biasanya alur penulisan narasi dibagi dalam tiga bagian, yakni pengenalan, kemudian konflik atau komplikasi dan terakhir solusi atau penyelesaian. Karya tulis narasi biasa digunakan dalam menulis biografi atau kisah tokoh.

  1. Eksposisi

Eksposisi merupakan karya tulisan yang membahas suatu tema lengkap dengan mencantumkan sumber – sumber ilmiah di dalamnya. Eksposisi ditulis untuk memberikan gagasan atau informasi guna menambah pengetahuan dan wawasan pembacanya.

Tulisan eksposisi juga menjelaskan segala hal secara rinci, lengkap dan memiliki fakta, teori serta sumber kredibel atau bisa dipertanggungjawabkan. Berita di koran adalah contoh dari tulisan eksposisi.

  1. Persuasif

Persuasif adalah tulisan yang bertujuan untuk membujuk, mempengaruhi atau mengajak pembacanya melakukan sesuatu yang diinginkan oleh penulis. Tulisan persuasif biasanya juga dilengkapi dengan fakta – fakta, teori –teori dan sumber pendukung untuk meyakinkan pembaca.

Contoh dari tulisan persuasif adalah iklan layanan masyarakat. Seperti tulisan yang berisi ajakan untuk menghindari narkoba, menerapkan hidup sehat atau ajakan untuk membeli produk – produk buatan dalam negeri.

  1. Argumentasi

Argumentasi adalah karya tulisan yang bertujuan untuk menguatkan sesuatu hal. Penulisan argumentasi ini biasanya juga tersisipkan di empat jenis artikel yang dibahas di atas untuk menguatkan pendapat suatu teori atau wacana.

Perbedaan mencolok dari artikel argumentasi dengan artikel sebelumnya adalah tulisan argumentasi berisi pandangan, gagasan, atau teori tentang sebab dan akibat suatu peristiwa.

Secara garis besar, perbedaannya dari jenis – jenis artikel di atas adalah jika sebuah tulisan menggunakan argumentasi untuk menguatkan pendapat, maka argumentasi adalah teori itu sendiri.

Close