Pengertian Desain Interior Kontemporer dan Cirinya

Pengertian Desain Interior Kontemporer dan Cirinya

Ada banyak desain interior yang saat ini diaplikasikan. Satu diantaranya adalah kontemporer. Pada dasarnya pengertian desain interior kontemporer adalah interior yang menunjukkan kedewasaan modernisasi.

Namun, untuk lebih lengkapnya, simak informasi berikut ini ya,

Pengertian Interior Kontemporer

Pengertian desain interior kontemporer adalah desain interior yang menunjukkan apa yang sedang happening saat ini. bisa dikatakan, kontemporer menyesuaikan dengan konsep modern yang sedang terjadi saat ini. Jadi, tidak heran jika kontemporer susah dibedakan dengan interior modern.

Bedanya bisa dilihat dari tren yang sedang berkembang. Trend ini bisa jadi trend warna, furniture bahkan inovasi yang digunakan. Alhasil, interior kontemporer mampu menawarkan estetika yang terkini  dan terlihat modern.

Jika merujuk pada popularitasnya, konsep kontemporer muncul di tahun 2000an. Kala itu, kontemporer dianggap menjadi suatu gaya interior yang sudah dianggap dan akhirnya banyak yang mengaplikasikannya.

Ciri Khas Interior Kontemporer

Pengertian Desain Interior Kontemporer dan Cirinya
Pengertian Desain Interior Kontemporer dan Cirinya

Secara keseluruhan, interior kontemporer memiliki tampilan ruangan yang bersih dan rapi. Namun, agar Anda lebih paham, berikut ciri khas dari interior kontemporer:

  • Banyak garis ramping dan kontras.
  • Penggunaan bahan lembut seperti beludru, sutra, wol untuk bedcover, bantar dan furniture seperti sofa. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kesan kaku dan menarik perhatian.
  • Material yang digunakan ada 2 jenis yaitu logam seperti baja, krom dan nikel dan dari kayu. Bahan logam umumnya digunakan untuk furniture dan aksesoris. Sedangkan kayu untuk furniture agar ruangan memberikan kesan yang lebih lembut.
  • Pencahayaan yang maksimal. Jadi, tidak heran jika banyak rumah kontemporer yang menggunakan jendela atau bukaan yang besar.
  • Warna netral dan metalik yang dipadukan dengan sentuhan warna kontras.
  • Rancangan desain terlihat lebih ringan. Sedangkan untuk bagian finishing, biasanya menggunakan bahan asli untuk memberikan kesan yang lebih kuat.
  • Ruang terbuka dengan minim sekat. Dengan interior ini, ruangan menjadi lebih terlihat luas dan fungsi beberapa ruangan digabung menjadi satu.
  • Penggunaan teknologi atau sesuatu yang sedang ngetrend. Misalnya warna.

Selain ciri di atas, rumah dengan interior kontemporer cenderung ‘keluar’ dari aturan desain. Ini dilakukan sebagai salah satu bentuk pengembangan konsep yang sedang ngetrend. Tidak heran jika banyak rumah interior yang dipadukan dengan konsep industrialis, minimalis, klasik atau modern.

Fakta Desain Interior Kontemporer

Untuk memahami lebih dalam lagi, ada beberapa fakta seputar interior kontemporer yang perlu Anda tahu, yaitu:

  • Kontemporer bukanlah desain interior modern.
  • Kontemporer bukan desain yang baru karena ternyata, kontemporer sudah mulai berkembang di awal tahun 1920 an.
  • Bersifat seperti manusia karena merupakan penyempurnaan dari desain yang sebelumnya.
  • Kontemporer tidaklah aneh.
  • Kontemporer harus ramah lingkungan mengingat saat ini, kampanye tentang global warming semakin marak.

Itulah pengertian desain interior kontemporer, ciri dan faktanya yang perlu Anda ketahui. Jangan lupa, ketahui juga cara desain kemasan terutama untuk Anda yang ingin berbisnis makanan. 

Close