Trend Marketing Social Media Hari Ini yang Perlu Diketahui

Trend Marketing Social Media Hari Ini yang Perlu Diketahui

Social media hari ini banyak yang berubah. Hal tersebut menyebabkan para pemilik sosial media terutama yang berkaitan dengan bisnis harus berbenah. Jika tidak, maka akan menyebabkan penggunaan media sosial menjadi kurang maksimal.

Karena hal tersebut ada baiknya jika Anda tahu tren apa yang sedang happening hari ini agar Anda bisa menggunakan media sosial dengan maksimal. Trend tersebut adalah sebagai berikut:

  • Ephemeral semakin Powerful

Pernahkan Anda mendengar kata ephemeral content? Konten ephemeral adalah konten sosial media yang singkat. Beberapa contoh konten ephemeral adalah instagram stories, snapchat, facebook stories.

Trend Marketing Social Media Hari Ini yang Perlu Diketahui
Trend Marketing Social Media Hari Ini yang Perlu Diketahui

Hal tersebut terbukti dengan semakin meningkatnya penggunaan stories bahkan saat ini banyak filter di stories yang bisa digunakan. Dengan penggunaan yang maksimal seperti penggunaan QnA akan memberikan manfaat untuk bisnis agar bisnis Anda semakin baik lagi.

  • Platform Niche

Di tahun 2020, tren platform niche seperti toktok akan semakin berkembang. Hal tersebut terbukti dengan video promosi produk yang dikemas dengan cara unik lalu diunggah di media sosial. Selain toktok, media sosial seperti LinkedIn juga termasuk sebagai media sosial yang akan terus berkembang.

  • Dominasi Konten Video

Dibandingkan dengan gambar dan tulisan, konten video masih akan mendominasi social media hari ini. konten dalam bentuk video dianggap lebih komplit terutama untuk menjelaskan mengenai sesuatu. Misalnya tentang review atau untuk tutorial.

Hal tersebut terbukti dengan konten seperti facebook dan instagram story yang didominasi oleh video. Belum lagi dengan berkembangnya Tik Tok terutama di kalangan anak muda dan semakin banyaknya pengguna youtube. Bahkan menurut Cisco, di tahun 2022, 82% konten yang ada di media sosial adalah konten video.

Karena hal tersebut, ada baiknya jika Anda memulai untuk membuat konten video dari sekarang. Dengan begitu, follower ataupun pengguna media sosial Anda akan tertarik melihat bahkan menyebarkan konten tersebut.

  • Influencer Masih Tetap Berpengaruh

Beberapa tahun terakhir, penggunaan jasa influencer bertujuan agar penjualan meningkat. Sayangnya, saat ini tidak semua influencer berpengaruh seperti sebelumnya. Hal tersebut disebabkan karena banyaknya orang yang menjadi ‘influencer’ dan jika tidak dapat memilihnya dengan tepat, akan menyebabkan kerugian.

Namun, saat ini untuk menghemat budget dan untuk tujuan tertentu, ada pebisnis yang bahkan berkolaborasi dengan agensi yang menaungi beberapa influencer sekaligus. Dengan begitu, penyebaran iklan juga bisa maksimal.

  • Teknologi AR semakin Diminati

Penggunaan AR atau augmented reality sebenarnya sudah ada sejak tahun 2019, namun penggunaannya masih terbatas. Karena perkembangan teknologi saat ini, AR diprediksi akan semakin diminati di tahun 2020.

Penggunaan AR ini pas untuk Anda yang butuh untuk menunjukkan produk asli misalnya produk kursi ataupun apartemen. Dengan begitu, orang yang melihat akan merasa yakin dengan produk yang Anda jual.

Itulah beberapa trend social media hari ini yang perlu Anda tahu. Ada baiknya jika Anda mempersiapkan segala kemungkinan misalnya konten creator untuk membuat video, sebagai konten untuk media sosial Anda.

Close