Trik Belajar Desain Interior Secara Otodidak

Trik Belajar Desain Interior Secara Otodidak

Tidak semua orang mampu belajar desain interior di tempat formal ataupun informal. Alasannya bermacam-macam. Mulai dari tidak ada biayanya hingga ada prioritas lain yang harus didahulukan.

Namun, bagaimana caranya agar bisa belajar desain interior sendiri?

  • Memulai Semuanya dengan Niat

Sebelum Anda memutuskan untuk belajar sendiri, maka Anda harus mengumpulkan niat terlebih dahulu. Tujuannya agar Anda tidak putus asa di tengah jalan. Apalagi, Anda belajar tanpa pengawasan dari orang lain.

Ada kalanya, rasa bosan menghampiri hingga membuat Anda menyerah di tengah jalan. Maka dari itu, tekadkan niat Anda terlebih dahulu sebelum belajar ya.

  • Cari Tahu Apa itu Desain Interior

Orang bilang, “Tak kenal maka tak sayang.” Maka dari itu, Anda harus mengenal lebih dahulu apa itu desain interior sebelum belajar.

Tujuannya agar Anda tahu apa yang harus dipelajari. Anda tidak ingin bukan jika selama belajar sendiri Anda hilang arah dan tidak tahu harus belajar apa?

Jika perlu, tuliskan atau buat catatan tentang apa saja yang perlu Anda pelajari. Dengan begitu, Anda akan lebih fokus dalam mempelajari materi tentang desain interior.

Trik Belajar Desain Interior Secara Otodidak
Trik Belajar Desain Interior Secara Otodidak
  • Pelajari dan Gunakan Softwarenya

Setelah tahu mengenai desain interior, maka Anda harus tahu software apa yang digunakan. Ada 2 software yang biasanya digunakan, yaitu CorelDraw dan Sketchbook.

CorelDraw dipergunakan untuk membuat visual 2 dimensi. Misalnya sketsa atau denahnya, katalog, poster dan phamflet. Sedangkan sketchbook digunakan untuk desain yang lebih kompleks.

Jika Anda sudah menguasai 2 software tersebut, Anda bisa belajar tentang Autocad atau maya atau software 3 dimensi lainnya. Jika Anda menguasai software tersebut, Anda bisa membuat desain interior digital yang bisa ditunjukkan ke klien.

  • Cari Cara yang Senyaman Mungkin

Anda harus mencari cara yang membuat Anda nyaman dan bersemangat belajar. Anda bisa belajar otodidak dari website, buku, orang disekitar Anda atau dari youtube.

Anda bisa juga ikut seminar ataupun workshop dan pelatihan desain interior. Jika perlu, Anda bisa belajar dengan cara berselang seling dan bergabung dengan komunitas.

Keuntungannya jika bergabung dengan komunitas adalah Anda memiliki banyak teman baru. Anda bisa bertanya ke orang lain mengenai kesulitan Anda. Dengan begitu, pengetahuan Anda akan semakin luas.

  • Tunjukkan Kemampuan Anda

Jangan ragu untuk menunjukkan kemampuan Anda. Anda bisa mencoba untuk membuat project kecil-kecilan. Setelah itu, Anda bisa mencoba untuk memposting di media sosial ataupun mencoba untuk submit freelance di desain interior sribu.

Dengan cara tersebut, belajar desain interior akan semakin seru dan menarik. Walaupun Anda belum mendapatkan hasil dari proses belajar yang Anda lakukan, jangan menyerah dan cobalah lagi hingga Anda berhasil. 

Close