Menjadikan Kegagalan Bisnis Sebagai Tantangan & Pengalaman

Sebagai seorang pengusaha, Anda mungkin menemukan banyak tantangan dan kegagalan saat menjalankan bisnis. Definisi kegagalan sendiri adalah kurangnya keberhasilan sebagai hasil yang didapat saat menjalankan sebuah bisnis. Tingkat kegagalan sebuah bisnis pun beragam, tergantung dari seberapa besar harapan seorang pengusaha dan seberapa berat tantangan yang dihadapi.

Banyak orang yang beranggapan bahwa sebuah tantangan dan kegagalan merupakan hal yang negatif. Sebaliknya, orang cenderung hanya memandang positif hal yang bersifat kesuksesan. Padahal, belum tentu kegagalan yang diperoleh merupakan hasil akhir dari bisnis. Bisa saja kegagalan yang dialami merupakan salah satu cara mencapai kesuksesan.

Lalu bagaimana menjadikan kegagalan bisnis menjadi sebuah kesuksesan bisnis? Berikut pembahasannya.

Analisa kegagalan

Setiap kegiatan yang berorientasi pada proses, memiliki banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan setiap prosesnya. Begitu juga dengan bisnis. Setiap proses dalam bisnis harus selalu dianalisa apakah terdapat potensi kegagalan. Kegagalan bisnis dapat terdampak dari adanya proses yang salah, proses yang tidak dilakukan, maupun proses yang seharusnya tidak dilakukan.

Ada banyak sekali jenis dan cara untuk menganalisa kegagalan. Oleh karena itu, penting sekali untuk seorang pengusaha memiliki seorang Coach bisnis. Dengan memiliki Coach bisnis, seorang pengusaha dapat memiliki kemampuan analisa yang baik, sehingga setiap kegagalan dalam proses bisnis dapat diketahui penyebab dan solusinya dengan mudah.

Mindset belajar

Seorang pengusaha yang menjalankan bisnis harus memiliki mental yang sangat kuat dan berpikiran terbuka. Mental yang kuat dipersiapkan untuk menghadapi tantangan dan ketidakpastian. Di samping itu, pikiran terbuka dibutuhkan untuk seorang pengusaha dapat siap belajar dari apapun hal yang dihadapi. Sehingga tidak mudah menyerah saat menemukan hambatan, tetapi mengubahnya menjadi sebuah pembelajaran yang berarti untuk di kemudian hari.

Selain hal-hal tersebut, seorang pengusaha juga harus berani menghadapi kegagalan yang mungkin akan ditemukan. Dengan memiliki mindset belajar, seorang pengusaha akan lebih mudah menerima kegagalan menjadi sebuah pelajaran berharga.

Kumpulkan dan eliminasi ide

Langkah selanjutnya dalam mengubah kegagalan menjadi sebuah kesuksesan yaitu seorang pengusaha harus banyak berpikir kreatif. Dengan menemukan sebuah kegagalan, dapat membuat seorang pengusaha menjadi lebih kreatif dalam menjalankan proses bisnis. Banyak ide yang akhirnya bermunculan untuk menanggulangi proses bisnis yang dinilai belum berhasil, misalnya seperti membuat produk baru atau mengubah strategi marketing.

Banyaknya ide kreatif yang muncul juga harus dibarengi dengan pertimbangan pro dan kontranya. Sehingga, seorang pengusaha harus dapat mengeliminasi ide-ide bersifat strategis yang mungkin belum cocok diterapkan dalam bisnis yang dijalankan. Keadaan pasar juga harus terus diperhatikan untuk disesuaikan dengan ide yang mungkin akan diterapkan.

Lakukan perubahan

Cara yang paling efektif untuk belajar dari kegagalan yaitu dengan melakukan perubahan. Seorang pengusaha yang sudah terbiasa menjalankan sebuah bisnis dengan cara yang biasanya dilakukan, saat menemukan kegagalan di luar dari dugaan biasanya cenderung sulit untuk berubah. Baik dalam mengubah mindset maupun dalam bertindak.

Sedangkan dengan menemukan kegagalan, seorang pengusaha dituntut untuk mengubah cara pandang akan suatu proses dan metode bisnis. Hal ini berfungsi untuk memunculkan perbedaan strategi yang berpotensi berhasil mengantisipasi kegagalan pada proses bisnis selanjutnya.

Jenis perubahan yang dapat dilakukan sangat beragam. Perubahan bisa datang dari ide sendiri maupun masukan dari seorang Coach bisnis. Dengan memiliki seorang Coach bisnis, seorang pengusaha dapat lebih mudah berkonsultasi dan menemukan solusi dari tantangan bisnis yang dihadapi.

Coach Tom MC Ifle sebagai seorang Coach bisnis berpengalaman, memiliki beragam pelatihan bisnis yang dapat Anda ikuti. Dengan begitu, Anda dapat memiliki banyak perbekalan untuk menghadapi tantangan dan potensi kegagalan bisnis Anda.

Close